Kurikulum

sma_pomosda_TT

Kegiatan Belajar mengajar yang diselenggarakan untuk mengembangkan potensi siswa, membudayakan dan memperdayakan watak atau karakter, berpusat pada siswa untuk belajar. Dengan pilar: Learning to know, learning to do, learning to live together, learning to be

PRINSIP DASAR
  1. Menumbuhkembangkan semangat kedisiplinan dalam beribadah, guyub rukun dan ber akhlak muli, berdikari dan sederhana serta terampil dalam melaksanakan ilmu amal taqw.
  2. Mengoptimalkan potensi pikir dengan meningkatkan pengetahuan siswa agar dapat melanjutkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam berhubungan timbal balik dengan lingkungan, sosial, budaya, dan alam sekitarnya.
  3. Membekali siswa/ santri/ peserta didik dengan kecakapan hidup melalui pemanfaatan sumber daya lingkungan.
  4. Membekali siswa/ santri/  peserta didik menjadi generasi mandiri, mendayagunakan keterampilan dan keahlian sesuai dengan minat bakat serta mengembangkan sikap profesionalisme

Kurikulum dan program kegiatan belajar mengajar SMA POMOSDA dilaksanakan # tahun dengan kesatuan sistem kepondokan dan sistem sekolah (SISDIKNAS). Melalui 3 bentuk program kegiatan belajar yang terintegrasi, yaitu: program kepondokan, program reguler, program vokasional skill.

  • Program Kepondokan.
  1. Kemampuan memahami mengamalkan kaidah-kaidah agama dengan kurikulum berbasis agama islam, untuk mewujudkan manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil berbudipekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif baik personal maupun sosial.
  2. berkemampuan berbahasa inggris dan berbahasa arab aktif
  • Program Reguler

Adalah program pembelajaran dengan ketentuan sesuai dengan Undang-undang No.20 Tahun 2002 tentang sistem pendidikan nasional dengan seluruh derevasinya untuk jenjang pendidikan dasar khususnya sekolah menengah atas. Dengan tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat sekitar.

  • program Pembekalan Vokasional Skill

Merupakan program ekstrakulikuler yang bersifat pilihan, guna membekali siswa/ santri/ peserta didik dalam mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan keahlian.