Bagaimana Cara Belajar ???

“Bagaimana Cara Belajar”

Hal yang paling berharga dalam belajar adalah memahami step awal dengan mengetahui ‘Bagaimana Cara Belajar’. Dengan alasan ini, maka minggu pertama dari kurikulum enam minggu di sekolah seperti Summercamp digunakan untuk mempelajari keterampilan-keterampilan belajar yang mendasar seperti cara mencatat, cara menghafal, dan membaca cepat. Menciptakan suasana aman dan penuh kepercayaan di antara murid dan guru. Kombinasi faktor-faktor ini ditambah fokus utama pada seluruh otak, memungkinkan murid belajar lebih efektif dan menyerap serta mengingat sejumlah besar materi teknis. Ini seperti yang tertulis dalam buku ‘Summerhill’ karya A.S. Neill.

Berusaha melahirkan pelajar-pelajar yang ceria dan percaya diri untuk selamanya. Murid mendapatkan penemuan-penemuan penting tentang dirinya sebagai pelajar, menyadari bahwa sebenarnya mereka menyukai belajar.

Mari kita aplikasikan dalam KBM kita dimulai dengan pemahaman tentang kebutuhan tinggi untuk menyukai belajar harus ditumbuhkan di tahun-tahun awal santri. Pengalaman ibu, bapak, ustadz-ustadzah dalam menyerap informasi, strategi membaca cepat, mencatat dari sumber bacaan yang ada, teknik sederhana menghafal, menguasai cara kerja otak, sampai pada produktivitas dari sebuah pemikiran menjadi bahasan awal teman-teman ustadz dalam proses pembelajaran di kelas masing-masing. Selama 1-2 kali pertemuan (dua minggu) kita kuatkan berbagai potensi yang ada di diri santri kita, dengan mengajarkan terlebih dahulu ‘Bagaimana Cara Belajar’. Tentu definisi belajar sendiri perlu diselami dengan baik.

Semangat belajar, semangat berproses, semangat memproses, semangat berjuang ustadz-ustadzah yang hebat. Pangestu Rasul menyertai kita semua. Aamiin.

Karya,
Ustadz. Hendry Eko Aridonan S.Pd., M.SI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *