MINGGU PRODUKTIF

BERMAIN TANAH MENANAM BAMER


Hari minggu merupakan hari yang sangat dinanti-nantikan oleh semua orang karena hari tersebut merupakan hari untuk berkumpul dengan keluarga, teman dan sodara yang sudah sekian banyak kegiatan yang dilalui.

Pada hari minggu ini kegiatan santri pomosda berbeda dengan yang lain yaitu dengan membantu para petani yang mensuplai kebutuhan pondok salah satunya yaitu bawang merah .untuk penanaman bawang merah kali ini berbeda dengan yang lain yaitu dengan penanaman bening langsung tanpa melalui semaian “wah gmna tuh kok bisa” tentu bisa dong karena di dampingi langsung oleh ahli dalam hal tersebut bagaimana supaya tanaman tetap hidup dan bisa di panen dengan hasil yang maksimal.

Tabela (Tanam Benih Langsung) tanaman bawang merah merupakan merupakan kontekstual dari  Qur’an surat Yasin ayat 33 yang artinya: “Dan suatu tanda (kebesaran Allah) bagi mereka adalah bumi yang mati (tandus). Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan darinya biji-bijian, maka dari (biji-bijian) itu mereka makan.” 

Di banyak negara di dunia, penanaman bawang merah paling banyak adalah dari umbi dan bukan dari biji. Namun di masa sekarang penanaman dari biji sangat penting karena dapat memberikan jalan keluar dari mahalnya ongkos produksi. Penggunaan biji adalah lebih murah dan resiko penyakit adalah lebih rendah daripada penanaman dari umbi. Penanaman dari biji, menawarkan fleksibilitas. Benih biji bisa langsung ditanam, Akar akan lebih kuat karena tidak ada proses pemindahan bibit dari lahan persemaian. Tanaman juga punya waktu lebih lama untuk menyesuaikan dengan lingkungan tempat tumbuh. Umur tanaman untuk panen selisihnya juga tidak banyak dengan tanam bawang merah sistem umbi.

Sumber : tim BKT (Bina Kerabat Tani) POMOSDA

Karya Ust Suratno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *