MODERNITAS POMOSDA dalam Penilaian Akhir Tahun 2020/2021

    Pendidikan tak ubahnya aliran sungai yang menjadi media/sarana mengalirnya air menuju Samudera. Pendidikan merupakan wadah bagi siswa untuk menimba ilmu/wawasan di berbagai bidang. Sehingga, dalam tahap perkembangannya siswa mampu berproses menemukan dan menggali potensi diri, mengetahui minat dan bakat nya agar lebih mengenali dirinya sendiri. Menjadi manusia yang lebih dewasa dengan bekal wawasan luas, bahkan life skill atau kecakapan hidup. Inilah yang menjadi visi dan misi pendidikan di POMOSDA.

Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa (POMOSDA) menjadi wadah yang sangat tepat untuk berproses menjadi manusia yang utuh. Pondok/pesantren selama ini identik dengan kesan sebagai tempat religius dan tradisional, dengan penghuni santri beserta Ustadz/ustadzah sebagai pengajarnya yang melulu berkutat dengan pembelajaran kitab-kitab. Namun, POMOSDA sebagai pondok yang modern agaknya sedikit berbeda dengan image pesantren/pondok pada umumnya. Pondok yang dipimpin oleh Bapak Kiai Tanjung ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Program pendidikan dan fasilitas pendukung nya up to date sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu modernitas yang sedang diterapkan adalah pelaksanaan ujian/penilaian akhir tahun (PAT) berbasis komputer menggunakan aplikasi liveworksheets.com.

Beberapa aplikasi sudah pernah dipakai untuk sarana ujian berbasis komputer (computer based test / CBT). Kali ini, pelaksanaan PAT CBT menggunakan aplikasi liveworksheets.com yang dikenalkan oleh pengajar TIK yaitu Ustadz Edij Soebagijo, S.T. dalam kegiatan rutin musyawarah guru mata pelajaran sekolah (MGMPS). Menurut Kepala POMOSDA, Ustadz Hendry Eko Aridonan, S.Pd., M.Si. aplikasi ini sangat memungkinkan untuk digunakan dan patut dicoba sebagai pengenalan IT kepada santri. Hal ini juga mendapat respon positif dari dewan Asatidz SMP dan SMA POMOSDA. Salah satunya adalah Ustadzah Susiana Rahmawati sebagai pengajar Bahasa Indonesia. “Aplikasi ini sangat mempermudah dalam pengoreksian jawaban, sehingga tugas Ustadz jadi lebih ringan,” ungkap Beliau.

Liveworksheet.com memang memberikan fasilitas pembuatan lembar kerja siswa yang sangat interaktif. Inilah yang menjadi hal baru dan akan memberi kesan menyenangkan bagi siswa saat mengerjakan ujian. Beberapa sarana pengerjaan dalam liveworksheet.com ini selain select yes/no, bisa juga menjodohkan dengan menarik garis, men-drag gambar, teka-teki silang, bisa juga dengan mentautkan link video dari youtube.

Menurut Waka Kurikulum di SMA POMOSDA, Ustadz Nuril Anwar, S.T. penggunaan livewokrsheets.com ini juga menguntungkan bagi lembaga dalam hal penghematan lembar kerja. Hal ini dikarenakan dalam peraturan terbaru di pendidikan dalam program merdeka belajar oleh mas Menteri Nadiem Makarim mengupayakan pembuatan soal AKM. Soal ujian siswa menggunakan metode AKM (asesmen kompetensi minimum) ini membutuhkan stimulus berupa infografis maupun bentuk literasi lain. Ketika hal ini diterapkan, ternyata menghasilkan berlembar-lembar soal ujian. Nah… liveworksheet.com
ini menjadi salah satu solusi untuk ujian yang paperless.

    Salah satu keseruan dalam pengerjaan di liveworksheets.com ini adalah siswa bisa langsung melihat hasil/nilai setelah menyelesaikan ujiannya. Bahkan, ada siswa yang mengaku deg-deg an saat akan melihat nilai ujian nya. Pada akhir sesi ujian selalu menjadi moment riuh setelah siswa mengetahui nilai nya dan kepo dengan nilai teman-temannya. (NK)

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *