SUKSES LAKSANAKAN PELATIHAN DI DALAM RUMAH KUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER!

Menghadapi situasi dan kondisi pandemi Covid, POMOSDA tetap laksanakan KBM tatap muka. Sebagai lembaga pendidikan di dalam pondok, justru memberi kemudahan dalam pemantauan dan pengontrolan mobilitas santri. Terlebih lagi dengan program kemandirian pangan dari Pimpinan yaitu Bpk. Kiai Tanjung, di POMOSDA ini santri disuguhi dengan berbagai menu dari sayuran sehat. Hal ini akan menjaga bahkan meningkatkan sistem imun/kekebalan tubuh para santri. Sehingga, wali santri tak perlu khawatir dengan kondisi putra-putri nya dalam proses belajar di pondok.

Kolaborasi SMA dan SMP POMOSDA

Demi mempersiapkan KBM di semester baru, pihak managemen SMP dan SMA POMOSDA menjadwalkan pelatihan internal/ di dalam rumah (in house training/ IHT). IHT ini bertujuan untuk membuat perencanaan kegiatan pembelajaran. Harapannya, dengan perencanaan yang baik, kegiatan belajar-mengajar juga akan berjalan dengan lancar.

IHT yang dilakukan ini bertujuan untuk melengkapi dokumen kurikulum yaitu perangkat pembelajaran yang berisi Kaldik, AHE, RPE, Prota, Prosem, silabus, RPP dan lain-lain. Sebelum melaksanakan tugas mempersiapkan dokumen tersebut, kegiatan diisi oleh Pimpinan, Pangemong dan Pengasuh POMOSDA yaitu Bpk. Kiai Tanjung dengan memberikan brain storming yang sangat tajam dan berkesan tentang bagaimana seharusnya pendidikan dan cara mendidik para santri.

Cinta Adalah Energi Terhebat.

Dalam pengarahan Beliau, dijelaskan bahwa esensi pendidikan sebenarnya bukan pada angka-angka semata. Namun, inti pendidikan sebenarnya adalah pembentukan karakter dan mental. Bagaimana seharusnya pendidikan kita ini dapat menghasilkan manusia-manusia yang berkarakter, berakhlak-beradab, dan meciptakan atmosfer yang nyaman untuk belajar. Sehingga, dalam perkembangan dirinya, santri dapat tumbuh, berkembang dan ‘berbuah’ sesuai potensinya masing-masing. Oleh karena itu, Beliau mencanangkan pembuatan “silabus karakter” dalam proses pembelajaran di POMOSDA. Silabus yang berisikan proses penanaman nilai moral dan karakter untuk membentuk mental santri. “Sentuhan kasih sayang yang menunjukkan adanya pesan “CINTA” adalah energi terhebat “MAHABBAH Bi ROUHILLAH” dalam “HURRIYAH TAMAH” (Kiai Tanjung).

Layaknya obor yang menyalakan semangat juang membara, begitulah setiap kali mengikuti pengarahan langsung dari Beliau. Inilah yang membuat tak ada bosan-bosan nya belajar dan berproses di POMOSDA.

Hari ke- 2 sampai 4 IHT digunakan untuk mempersiapkan dokumen kurikulum oleh WaKa Kurikulum SMA POMOSDA, pelatihan ice breaking oleh Airwana Group, materi kriteria penilaian oleh Kepala SMA POMOSDA dan pemaparan materi PTK (Penelitian Tindakan Kelas) oleh Bu Noventy Prasetyaningsih, guru tamu dari SMK Lengkong peraih Juara 3 inobel SMK tk. Nasional th 2016 dan guru berprestasi tk. Provinsi th 2018.

Bagaimana…. Nggak
pingin belajar bareng kita disini…? ^_^

Penulis
Nur K

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *