logo-header-sma-pomosda

26 Anggota Pramuka dari pangkalan SMA POMOSDA Lolos Verifikasi, Resmi Menjadi Pramuka Garuda

SMA POMOSDA, NGANJUK – Kembali mencatat prestasi gemilang, 26 santri kelas XII melaksanakan verifikasi Pramuka Garuda oleh tim Kwarcab Nganjuk. Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi SMA POMOSDA pada Minggu (28/7/24). Selain SMA POMOSDA, juga terdapat MTS 2 Nganjuk yang turut dalam verifikasi Pramuka Garuda sebagai anggota Pramuka Penggalang.

Syarat yang diperlukan untuk lolos verifikasi ini yaitu menguasai dua bahasa internasional, telah menempuh 35 TKK (Tanda Kecakapan Khusus) yang diantaranya terdapat 5 TKK purwa, serta menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) Bantara dan Laksana. Siswa akan dinyatakan lolos verifikasi ketika memenuhi nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan, yaitu 65. Selain itu, siswa juga harus membuat portofolio diri berisi pencapaian-pencapaian selama berkegiatan pramuka yang juga akan diuji di verifikasi ini.

Kegiatan Pramuka di SMA POMOSDA adalah ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh semua siswa. Para siswa telah dipetakan untuk menempuh tingkatan dalam Pramuka. Kelas X dan XI akan ditargetkan untuk menempuh dua tingkatan dalam Pramuka Penegak yaitu, Bantara dan Laksana. Lalu, di kelas XII akan ditargetkan untuk mempersiapkan Pramuka Garuda.

Berikut nama-nama siswa kelas XII yang mengikuti verifikasi Pramuka Garuda:

  1. Rasyiq Rabbani (XII-1)
  2. Nur Rohmad (XII-1)
  3. Taukhid Al- kahari (XII-1)
  4. Andhika Fitrah (XII-1)
  5. Ilma Nalurita (XII-1)
  6. Nurul Mas’udah Azzahra (XII-1)
  7. Umi Fadhilah Azzahro (XII-1)
  8. Zulham Arsan Eko (XII-1)
  9. Dzatul Muammar (XII-1)
  10. Vesalwa Lutfia (XII-1)
  11. Alya Kumala Vega (XII-1)
  12. Andhika Cahya Ningrum (XII-1)
  13. Syaiful Zaky (XII-2)
  14. Irgi Arga Dia (XII-2)
  15. Zahra Elysia (XII-2)
  16. Dana Marda Tilla (XII-2)
  17. Faisha Kamilia (XII-2)
  18. Irfan Muttaqien (XII-3)
  19. Arya Rizky (XII-3)
  20. Fandy Rahmansyah (XII-3)
  21. Jesika Viola (XII-3)
  22. Widia Septiana (XII-3)
  23. Kahvi Ramadhani (XII-3)
  24. Viorent Syabrina (XII-3)
  25. Waridatun Nikmah (XII-3)
  26. Reymadina (XII-3)

Seorang Pramuka Garuda memiliki peran penting dalam masyarakat. Di masa depan, diharapkan Pramuka Garuda dapat berkontribusi dengan mendidik dan membagikan ilmunya kepada teman-teman atau adik kelas mereka dalam Pramuka. Komitmen ini dapat diwujudkan melalui kegiatan pembinaan dan bimbingan, di mana Pramuka Garuda bertanggung jawab untuk membantu adik-adik mencapai tingkatan yang lebih tinggi dalam kepramukaan. Tidak hanya berperan sebagai panutan, tetapi juga sebagai pendorong kemajuan dan pengembangan karakter bagi para anggota Pramuka yang lebih muda. Peran ini, mencerminkan nilai pengabdian yang menjadi inti dari Pramuka Garuda.

Setelah dinyatakan lolos uji verifikasi, siswa akan dilantik oleh Pj. Bupati Nganjuk. Proses pelantikan, nantinya, akan berlangsung di Pendopo Kabupaten Nganjuk yang diawali dengan acara Parade Pramuka Garuda.

Written by FATIMAH RAUDHATUL JANNAH (ALUMNI SMA POMOSDA TH 2023 ANGKATAN 26)

Photografer Muhammad Fatkhi Izdihar XI 3

SHARE BY MEDIA