logo-header-sma-pomosda

SMA POMOSDA Menghadiri Apel Akbar Pramuka Penegak Se-Jawa Timur di Kota Batu Malang

Pada tanggal 6-9 Agustus 2024 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui bidang PPSMA menyelenggarakan kegiatan Apel Akbar Pramuka Penegak dan Pelatihan ke-pramukaan se-Jawa Timur. Kegiatan ini dirancang dalam rangka memperingati hari Pramuka yang ke-63. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan, meningkatkan keterampilan hidup serta mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

Acara ini bertempat langsung di Purnama Hotel, Kota Batu Malang Jawa Timur. Peserta yang mengikuti acara ini hampir 456 orang. Dengan jumlah setiap sangga mengeluarkan 10 pramuka penegak perwakilan Kabupaten/Kota masing-masing, dan 38 pendamping.

Banyak sekali bentuk kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat dalam diri seorang pramuka penegak. Adapun kegiatan tersebut diantaranya :

  • Pembuatan pionering
  • Penjelajahan
  • Mocopat
  • Pentas seni
  • Outbond
  • Materi BPBD
  • Api unggun dan lain-lain lain.

Panitia yang sudah merancang kegiatan ini sangat luar biasa. Bahkan disetiap kegiatan yang berlangsung, ada makna tersirat didalamnya. Jiwa kepramukaan mereka akan tumbuh dengan sendirinya melalui setiap kegiatan yang disediakan. Banyak sekali perbedaan didalamnya. Meskipun ada yang Bantara, Laksana atau bahkan Garuda, itu tidak menjadi permasalahan bagi para peserta penegak. Mereka semua sangat kompak, menyamakan perbedaan tersebut hingga membentuk suatu kesatuan bersama.

Banyak sekali pemimpin hebat yang dikirimkan dalam acara tersebut, seperti kakak-kakak Taruna. Ilmu serta pengalaman dapat mereka tularkan kepada peserta penegak lainya, sehingga momen Apel Akbar ini selain menambah pengalaman juga relasi antar daerah.

Written by Vesalwa Lutfia Kolfi Amin Kelas XII 1

Photografer peserta apel akbar 

SHARE BY MEDIA