logo-header-sma-pomosda

Pelatihan SAKA BHAKTI HUSADA Krida Tentang Penanggulangan Penyakit

Pelatihan Saka Bhakti Husada adalah kegiatan yang dilakukan rutin 2 kali selama satu bulan, selain mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota saka dalam menghadapi berbagai tantangan kesehatan masyarakat. Pada sesi kali ini Saka Bhakti Husada POMOSDA mengangkat tema Krida Penanggulangan Penyakit. Pengaplikasian pada tema tersebut adalah materi pembidaian dan materi evakuasi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 29 September 2024 dan bertempat di lapangan SMA POMOSDA. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sekitar 80 peserta dan pendamping dari masing-masing kelompok dengan mendatangkan anggota Saka Bhakti Husada lainya, mereka dapat bertukar pengalaman dan ilmu baru.

Kegiatan ini meliputi upacara pembukaan, pemaparan materi, praktik langsung yang diharapkan untuk memberikan keterampilan bagi anggota saka dalam penanggulangan penyakit. Jiwa relawan dalam diri anggota saka juga diasah supaya siap membantu dalam situasi darurat kesehatan.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung hingga sesi penutupan pukul 11.45 WIB yang  terlaksana dengan sangat baik. Peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya, sehingga mereka merasa lebih leluasa dalam belajar. Dalam sesi praktik bersama kelompoknya masing-masing, anggota saka dilatih untuk memberikan pertolongan pertama, melakukan pemeriksaan kesehatan dasar, melakukan pembidaian dan tahap-tahap mengangkat korban dengan tandu. Hal ini merupakan kesempatan berharga bagi anggota saka untuk menerapkan pengetahuan teoritis ke dalam praktik nyata.

Kegiatan diakhiri dengan simulasi mengangkat korban untuk dimasukkan ke dalam mobil ambulance. Dan sebagai penutup senior Saka Bhakti Husada juga memberikan kesan pesan kepada adik-adik supaya tetap bersemangat dalam mengikuti latihan-latihan disesi berikutnya. Beliau juga berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dan berkembang, agar  semakin banyak generasi muda yang teredukasi dan tentunya siap berkolaborasi dalam bidang kesehatan.

Dengan demikian, latihan Krida Penanggulangan Penyakit ini bukan hanya sekedar acara biasa, tetapi satu langkah kongkret menuju perbaikan masyarakat secara keseluruhan. Masyarakat yang sehat adalah aset berharga bagi bangsa, dan peran aktif relawan kesehatan seperti Saka Bhakti Husada sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Written President Raya Afif XI 1

Fotografer  Andhika Fitrah Putra Wardhana XII 1

SHARE BY MEDIA