logo-header-sma-pomosda

PEMIMPIN MUDA ASAH WAWASAN dan JIWA KEPEMIMPINAN
DIANPINSAT 2024

Gladian Pimpinan Satuan adalah sebuah giat pelatihan yang diadakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang FC Nganjuk. Ditujukan kepada pimpinan satuan pramuka golongan penegak yang ada di Kabupaten Nganjuk. Kegiatan ini Bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan, selain itu juga untuk mengembangkan satuan pramuka golongan penegak Cabang Nganjuk. Bertempat di Bukit Surga Desa Bareng, Kec. Sawahan, Kabupaten Nganjuk yang dilaksanakan pada Jum’at 11 Oktober sampai dengan Sabtu 12 Oktober 2024. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah 49 peserta dari sekolah yang berada di Nganjuk. 

SMA POMOSDA juga turut meramaikan DIANPINSAT 2024, dengan mengirimkan 2 perwakilannya. Yaitu saya sendiri (Dzulfikar Husain Azzaky) dan rekan  saya Olivia Nailatun Nadzifah. Tentu saya bangga bisa mewakili SMA POMOSDA dalam ajang yang luar biasa ini. Bangga sekali rasanya bisa mewakili SMA POMOSDA didalam event ini. Banyak sekali hal yang saya dapatkan dievent ini, mulai dari materi – materi yang diberikan oleh narasumber, pengalaman, dan relasi yang luas sekali.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Bapak Dr. H. Sopingi, AP., MM.  Yang sekaligus menjabat sebagai ketua Kwarcab Nganjuk. Beliau berpesan dalam pembukaanya “Pemuda adalah pendorong perubahan bangsa! Maka jadilah pemuda bermental baja dan siap dalam menghadapi tantangan global”. Hal ini mendorong kami para pemuda untuk bisa bersaing di global. Beliau juga mengatakan “ini bukan waktunya lagi ‘alon-alon asal kelakon, tapi sat set cekat ceket’”.  Kegiatan ini meliputi berbagai materi. Antara lain adalah Sismintir (Sistem Administrasi Kwartir), Polmekbin (Pola Mekanisme dan Pembinaan), PPDK (Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja), Kepemimpinan. Dan sesi intinya adalah saat mengutarakan pokok masalah dalam pembelajaran pramuka di gugus depan. Ternyata masih ada banyak hal yang tidak sesuai dengan standar Polmekbin.

Bagi kami Pramuka adalah kegiatan yang tidak jadul atau ketinggalan zaman, banyak pengalaman yang saya dapatkan dari kegiatan Pramuka seperti rasa kekeluargaan, kebersamaan, kekuatan mental, survival, dan pengalaman pengalaman yang tak pernah terpikirkan sebelumnya yang pasti semua memiliki hikmah.Teruntuk  Adek-adek dan Kakak-kakak anggota gerakan Pramuka pantang menyerahlah dalam berlatih, banyak hal yang kita dapatkan di Gerakkan Pramuka, ajak semua orang yang ada dikanan kiri kita untuk terlibat aktif di Gerakkan Pramuka, karena Pramuka adalah salah satu media untuk menyiapkan kader muda negara kita untuk solid dan berkualitas dalam menghadapi tantangan dunia kedepannya. Untuk apa menyerah jika diuntungkan di masa depan. Untuk dapat berlatih Pramuka dengan ringan adalah menjalankannya dengan kesadaran, sadar sebagai manusia yang tidak tahu apa- apa, tidak bisa apa- apa, maka berproses dengan sungguh sungguh dengan kesadaran menyiapkan diri untuk masa depan yang cerah.

Dzulfikar Husain Azzaky XI 3

 

Validator Dewi Sariah

Fotografer peserta dianpinsat

SHARE BY MEDIA