12:53
-
Main Content Self Evaluation
Permendiknas No 12 2009 tentang Akreditasi dalam isi keputasannya sama sekali tidak menyinggung secara langsung isi Peraturan Pemerintah (PP) no 19 tahun 2005 tentang Satandar Nasional Pendidikan tetapi dimasukan dalam konsideran (Mengingat: 2). Padalahal isi sepenuhnya instrumen itu adalah Lingkup Standar Nasional Pendidikan (8 SNP) meliputi: a. standar isi; b. standar proses; c. standar kompetensi lulusan; d. standar pendidik dan tenaga kependidikan; e. standar sarana dan prasarana; f. standar pengelolaan; g. standar pembiayaan;dan h. standar penilaian pendidikan (PP 19 2005: Bab II, Pasal 2). Derevasi PP 19 2005 di tingkat Menteri diterbitkannya Permen No 22-2006 tentang Standar Isi, Permen No 23-2006 tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dan Permen No 24-2006 tentang Pelaksanaan kedua Permen tersebut, yang merupakan landasan operational dijalankannya KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Sehingga isi utama dari Akreditasi atau Evaluasi Diri ini adalah pelaksanaan 8 SNP dan KTSP.
Komponen Instrumen Akredisasi :
No.
|
Komponen Akreditasi
|
Nomor Butir
|
Jumlah Butir
|
Bobot Komponen
|
Jumlah Bobot Butir
|
Jumlah Skor Tertimbang Maksimum
|
1 | Standar Isi |
1 ⎯ 17
|
17
|
13
|
45
|
180
|
2 | Standar Proses |
18 ⎯ 29
|
12
|
15
|
34
|
136
|
3 | Standar Kompetensi Lulusan |
30 ⎯ 49
|
20
|
13
|
60
|
240
|
4 | Standar Pendidik dan Tendik |
50 ⎯ 75
|
26
|
15
|
72
|
288
|
5 | Standar Sarana dan Prasarana |
76 ⎯ 103
|
28
|
12
|
77
|
308
|
6 | Standar Pengelolaan |
104 ⎯ 123
|
20
|
11
|
61
|
244
|
7 | Standar Pembiayaan |
124 ⎯ 148
|
25
|
10
|
74
|
296
|
8 | Standar Penilaian Pendidikan |
149 ⎯ 169
|
21
|
11
|
61
|
244
|
Jumlah |
169
|
100
|
484
|
1936
|
No. Butir
|
Komponen Akreditasi
|
Nomor Butir
|
Jumlah Butir
|
Bobot Komponen
|
Jumlah Bobot Butir
|
Jumlah Skor Tertimbang Maksimum
|
1
|
Standar Isi |
1 ⎯ 17
|
17
|
13
|
45
|
180
|
2
|
Standar Proses |
18 ⎯ 29
|
12
|
15
|
34
|
136
|
3
|
Standar Kompetensi Lulusan |
30 ⎯ 49
|
20
|
13
|
60
|
240
|
8
|
Standar Penilaian Pendidikan |
149 ⎯ 169
|
21
|
11
|
61
|
244
|
Jumlah |
70
|
52
|
200
|
800
|
No.
|
Komponen Akreditasi
|
Jumlah Butir
|
Bobot Komponen
|
1 | Kurikuler |
41%
|
52%
|
2 | SDM (Standar Pendidik dan Tendik) |
15%
|
15%
|
3 | SARPRAS (Standar Sarana dan Prasarana) |
17%
|
12%
|
4 | Managemen (Standar Pengelolaan) |
12%
|
11%
|
5 | Biaya (Standar Pembiayaan) |
15%
|
10%
|
Jumlah |
100%
|
100%
|
No Butir
|
Komponen
|
Bobot Opsi
|
Indikator
|
Data Pendukung
|
3
|
Sekolah/Madrasah mengembangkan kurikulum dengan menggunakan prinsip pengembangan KTSP.
|
4
3
2
1
0
|
Tujuh prinsip pengembangan KTSP adalah:
|
Prinsip pengembangan KTSP sekolah/madrasah. |
-
Proses Akreditasi
- Saat dilaksanakan Sosialisasi Akreditasi TP 2009-2010 pada bulan Mei 2010 oleh Diknas Provinsi Jatim dalam hal ini BAP (Badan Akreditasi Provinsi) Jawa Timur, sekaligus penyerahan Perangkat Akreditasi (masing-masing 3 exemplar) dan penyusunan jadwal visitasi (kunjuangan) Assesor ke Sekolah-Sekolah, di Sekolah kami (SMP POMOSDA Tanjunganom Nganjuk) telah melakukan 1 kali simulasi akreditasi atau evaluasi diri, dengan hasil B. Yang kami jalani selama 4 hari berturut-turut pada siang atau malam harinya, mulai taggal 30 Aril 2010. Berikut ini rekapnya: (mestinya disini muncul tabel Hasil Simulasi Akreditasi / Self Evaluation ke-1 SMP POMOSDA oleh karenanya klik disini untun mengunduh file ini)
Saya sendiri pesimis validitas peringkat akreditasi hasil Evaluasi Diri ke-1 ini. Kalau peringkat bolelah B namun Nilai Komponen Akreditasi tentu tidak sebesar itu. Dengan toleransi 10% maka Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan menjadi 74,7 ( 83 – 8,3 = 74,7 ) dan memang ini masih dalam peringkat B. Dalam Lampiran IV-Permendiknas No 12-2009 disebutkan sebagai berikut:Sekolah/Madrasah memperoleh peringkat akreditasi sebagai berikut:- Peringkat akreditasi A (Sangat Baik) jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 86 sampai dengan 100 (86 < NA < 100).
- Peringkat akreditasi B (Baik) jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi sebesar 71 sampai dengan 85 (71 < NA < 85).
- Peringkat akreditasi C (Cukup Baik) jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi sebesar 56 sampai dengan 70 (56 < NA < 70).
-
Dari rencana melakukan simulasi akreditasi 4 kali ternyata hanya bisa kami lakukan 2 kali saja yaitu pada awal bulan Juli 2010 yang keduanya, sekaligus sebagai final checking – pengecekan terakhir persiapan akreditasi. Karena begitu padatnya agenda pendidikan pada semester genap tahun itu antara lain UNAS 2010, Kenaikan Kelas, Study Tour dan lain-lain. Berikut hasil rekapitulasinya: (mestinya disini muncul tabel Hasil Simulasi Akreditasi / Self Evaluation ke-2 SMP POMOSDA oleh karenanya klik disini untun mengunduh file ini)
Dengan logika yang sama saat simulasi akreditasi ke-1 maka Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan menjadi 85,5 ( 95-9,5=85,5), pada simulasi Akreditasi ke-2 ini. Kalau dibulatkan menjadi 86 berarti masih masuk dalam peringkat akreditasi A walau sangat tipis. Dalam Lampiran IV-Permendiknas No 12-2009; Huruf E.9; disebutkan sebagai berikut:
Nilai Akhir Akreditasi dituliskan dalam bentuk bilangan bulat tanpa koma. Ketentuan pembulatan Nilai Akhir Akreditasi adalah sebagai berikut:- jika lebih dari 0,50 dibulatkan menjadi 1;
- jika sama dengan 0,50 dibulatkan menjadi 1; dan
- jika kurang dari 0,50 dibulatkan menjadi 0.
-
Kami mengetahui siapa asesor yang akan visitasi akreditasi nanti pada tanggal 25 Juli 2010, saat seluruh peserta akreditasi SMP dan MTs baik negri maupun swasta di kumpulkan oleh Pengawas Pendidikan Menengah Bp Harry Sutarto dan Bp Qomarudin. Selain diberi penjelasan teknis pelaksanaan akreditasi juga dimusyawarahkan jadwal kunjungan asesornya. Kami, SMP POMOSDA mendapatkan jadwal tanggal 5 Agustus 2010 jam ke 2 (berarti siang – sore – sampai malam).
Pada tanggal 9 Agustus 2010, 4 hari setelah pelaksanaan akreditasi saya mengumpulkan tim akrediatsi sekolah dan guru serta karyawan untuk melakukan rapat evaluasi Akreditasi. Berikut ini catatan saya tentang evaluasi itu: (Saya lampirkan tersendiri dan apa adanya, klik disini).
- Sampai saya menulis ini, 27 Januari 2011, belum memperoleh sertifikat Akreditasinya, namun telah mengetahui hasilnya lewat situs i http://www.ban-sm.or.id/ untuk Provinsi Jawa Timur. Berikut ini petikannya :
- Saat dilaksanakan Sosialisasi Akreditasi TP 2009-2010 pada bulan Mei 2010 oleh Diknas Provinsi Jatim dalam hal ini BAP (Badan Akreditasi Provinsi) Jawa Timur, sekaligus penyerahan Perangkat Akreditasi (masing-masing 3 exemplar) dan penyusunan jadwal visitasi (kunjuangan) Assesor ke Sekolah-Sekolah, di Sekolah kami (SMP POMOSDA Tanjunganom Nganjuk) telah melakukan 1 kali simulasi akreditasi atau evaluasi diri, dengan hasil B. Yang kami jalani selama 4 hari berturut-turut pada siang atau malam harinya, mulai taggal 30 Aril 2010. Berikut ini rekapnya: (mestinya disini muncul tabel Hasil Simulasi Akreditasi / Self Evaluation ke-1 SMP POMOSDA oleh karenanya klik disini untun mengunduh file ini)
- Jl. KH. Wahid Hasyim no 304 Tanjung Anom
Kabupaten Nganjuk
Provinsi Jawa Timur - Tipe: Sekolah
- Jenjang: SMP/MTs
- NSS: 202051411500
Komponen Akreditasi | Nilai Komponen |
Standar Isi |
86
|
Standar Proses |
84
|
Standar Kompetensi Lulusan |
89
|
Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan |
89
|
Standar Sarana dan Prasarana |
84
|
Standard Pengelolaan |
82
|
Standar Biaya |
83
|
Standar Penilaian |
86
|
- Nilai Akreditasi: 86
- Peringkat Akreditasi: A
- Tanggal Penetapan: 30-Oct-201
-
Share of fileFile-file yang saya unduh dari situs http://www.ban-sm.or.id/ atau situs-lain terkait kebanyakan berbentuk ‘pdf’ (Protable Document Format) adalah standar terbuka untuk pertukaran dokumen. Format file yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi secara independen dari perangkat keras aplikasi perangkat lunak, dan sistem operasi (http://en.wikipedia.org/wiki/PDF). Termasuk Perangkat Akreditasi , dengan charateristik tertentu file-file berekstensi ‘pdf’ ini sulit untuk kita olah kembali. Oleh karenanya bersama ini saya sertakan untuk diunduh file-file yang telah saya comvert kedalam ‘doc’, kecuali covernya.Sedang anilisis skoring akreditasi saya gunakan Ms Exel 2007, bisa saya kirimkan lewat email saja, yang berminat kirimkan e-mail disini : http://mkkssmpswastanganjuk.blogspot.com/ atau: mkks.smp.swasta.ngk@gmail.com .Berikut file-file yang dapat di download disini:
Rasanya kok ndak nyaman melihat tulisan diatas, kalau berkeinginan mendownload file tulisan ini dapat diunduh / di download disini.