logo-header-sma-pomosda

BIDANG LAYANAN

Bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan mencakup empat bidang layanan, yaitu bidang layanan yang memfasilitasi perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir yang merupakan satu kesatuan utuh dapat dipisahkan dalam setiap diri individu peserta didik/konseling.

1. Pribadi

Suatu  proses  pemberian  bantuan  dari  guru  bimbingan  dan  konseling atau konselor kepada peserta didik/konseli untuk memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan, dan merealisasikan keputusannya secara bertanggung jawab tentang perkembangan aspek pribadinya, sehingga dapat mencapai perkembangan  secara optimal dan mencapai kebahagiaan, kesejahteraan dan keselamatan dalam kehidupannya. Aspek perkembangan peserta didik/konseli yang dikembangkan meliputi:

  • Memahami potensi diri dan memahami kelebihan dan kelemahannya, baik kondisi fisik maupun psikis;
  • Mengembangkan potensi untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupannya; dan
  • Menerima kelemahan kondisi diri dan mengatasinya secara

 

2. Sosial

Suatu proses pemberian bantuan dari konselor kepada peserta didik/konseli  untuk memahami lingkungannya dan dapat melakukan interaksi sosial secara positif, terampil berinteraksi sosial, mampu mengatasi masalah-masalah sosial yang dialaminya, mampu menyesuaikan diri dan memiliki keserasian hubungan dengan lingkungan sosialnya sehingga mencapai kebahagiaan dan kebermaknaan dalam kehidupannya. Aspek perkembangan peserta didik/konseli yang dikembangkan meliputi:

  • Berempati terhadap kondisi orang lain;
  • Memahami keragaman latar sosial budaya;
  • Menghormati dan menghargai orang lain;
  • Menyesuaikan dengan nilai dan norma yang berlaku;
  • Berinteraksi sosial yang efektif;
  • Bekerjasama dengan orang lain secara bertanggung jawab; dan
  • Mengatasi konflik dengan orang lain berdasarkan prinsip yang saling

 

3 Belajar

Proses pemberian bantuan kepada peserta didik/ konseli dalam mengenali potensi diri untuk belajar, memiliki sikap dan keterampilan belajar, terampil merencanakan pendidikan, memiliki kesiapan menghadapi ujian, memiliki kebiasaan belajar teratur dan mencapai hasil belajar secara optimal sehingga dapat mencapai kesuksesan, kesejahteraan, dan kebahagiaan dalam kehidupannya. Aspek perkembangan yang dikembangkan meliputi:

  • Menyadari potensi diri dalam aspek belajar dan memahami berbagai hambatan belajar;
  • Memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif;
  • Memiliki motif yang tinggi untuk belajar sepanjang hayat;
  • Memiliki keterampilan belajar yang efektif;
  • Memiliki keterampilan perencanaan dan penetapan pendidikan selanjutnya; dan
  • Memiliki kesiapan menghadapi ujian.

 

4. Karir

Proses pemberian bantuan oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor kepada peserta didik/konseli untuk mengalami pertumbuhan, perkembangan, eksplorasi, aspirasi dan pengambilan keputusan karir sepanjang rentang hidupnya secara rasional dan realistis berdasar informasi potensi diri dan kesempatan yang tersedia di lingkungan hidupnya sehingga mencapai kesuksesan dalam kehidupannya. Aspek perkembangan yang dikembangkan meliputi:

  • pengetahuan konsep diri yang positif tentang karir;
  • kematangan emosi dan fisik dalam membuat keputusan karir;
  • Kesadaran pentingnya pencapaian prestasi untuk mendapatkan kesempatan karir;
  • Kesadaran hubungan antara pekerjaan dan belajar;
  • Keterampilan untuk memahami dan menggunakan informasi karir;
  • Kesadaran hubungan antara tanggung jawab personal, kebiasaan bekerja yang baik dan kesempatan karir;
  • Kesadaran bagaimana karir berhubungan dengan fungsi dan kebutuhan di masyarakat; dan
  • Kesadaran tentang perbedaan pekerjaan dan perubahan peran laki-laki dan perempua

SHARE BY MEDIA