Pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta, konsep, atau kaidah yang siap unutk diambil dan diingat. Manusia harus mengkontruksikan pengetahuan-pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman nyata. Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang menerapkan konsep-konsep pengetahuan dan lingkungan sekitar pembelajar dapat dengan mudah dikuasai pembelajar melalui pengamatan pada situasi yang konkret. Adapun yang dimaksud dengan pendekatan lingukungan adalah suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebgai sasaran belajar, sumber belajar, dan sarana belajar. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah lingkungan dan untuk menanamkan sikap cinta lingkungan.
Adanya kelas kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis dan kreatif, membantu individu untuk tumbuh dan berkembang.
Kelas kontekstual ini yang mengikuti hanya kelas 12 di semester genap. Kelas kontekstual ini dilaksanakan 2 sesi, yang pertama di mulai pada tanggal 20 maret 2024 s/d 27 maret 2024. Sedangkan sesi yang kedua dimulai setelah libur hari raya pada tanggal 19 April s/d 23 Mei 2024. Dan kelas kontekstual ini sebagai syarat kelulusan kelas 12 ini. Di kelas kontekstual ini juga diambil nilai nya dari laporan dan aktif saat berjalan nya kelas kontekstual tersebut.
Nah… SMA POMOSDA ini mengadakan kelas kontekstual sudah dari tahun kemarin hingga tahun ini. Tapi tahun ini UPT untuk kelas kontekstual nya lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Diantaranya, SD pomosda, SMP pomosda, SMA pomosda, STT pomosda, Waserda, Kantin, LPI, Kantor pusat, Japo sayur, Japo nursery, Japo farm, Bangunan, ICT, pertanian, perikanan.
Setiap upt mempunyai kepala upt, dan setiap upt tugas nya berbeda. Ada beberapa upt saat kelas kontekstual ini untuk membuat konten, berupa Web atau pun video. Dan ada beberapa upt lain nya untuk mendesain.