Perkembangan saat ini, menyebabkan banyak perubahan di berbagai bidang. Segala aktivitas dapat dilakukan secara online, bahkan itu sudah dianggap biasa. Salah satunya adalah penjualan produk dan jasa. Dalam dunia digital, persaingan produk memerlukan cara untuk manarik perhatian konsumen terhadap produk yang kita buat.
Copywriting merupakan seni menulis konten pemasaran yang digunakan untuk publikasi online maupun cetak yang bertujuan untuk memasarkan produk atau jasa. Pada tanggal 09 Oktober 2024, berlokasi di Aula SMA POMOSDA, telah diadakan workshop copywriting bersama CEO PT. Lohjinawi Project. Acara ini berlangsung mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00. Dalam acara tersebut, Arif Asatar, sebagai pemateri, menjelaskan mulai dari pengenalan copywriting, cara pemasaran yang baik dan benar, formula copywriting, bahkan sampai membuat surat cinta kepada konsumen. Arif Asatar juga menjelaskan berbagai tahapan dalam penulisan copywriting.
Santri kelas 11
dan 12 yang berjumlah sekitar 167 orang sangat antusias dalam mendengarkan
penjelasan pemateri. Santri diberikan penjelasan melalui media tatap muka
dengan bantuan LCD. Dengan cara seperti ini, santri bisa berinteraksi langsung
dengan pemateri yang membuat mareka lebih antusias dalam mengikuti acara ini. Selain
itu, santri juga menjadi lebih ambisius dalam memahami teknik-teknik menulis copywriting
yang benar.
Tidak hanya itu
saja, melalui metode berkelompok mereka lebih mudah untuk bekerjasama dalam menyusun
naskah copywriting. Ditambah ada chalange bahwasannya kelompok
yang terbaik akan mendapatkan doorprize dari pemateri, hal ini menambah
semangat dari peserta.
Dapat disimpulkan
bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi generasi muda sekarang. Mereka yang
belum tahu bagaimana cara pemasaran di dalam dunia digital menjadi lebih
memahami tentang penulisan copywriting.
Penulis : Vesalwa Lutfia Kolfi Amin, kelas XII 1
Validator : Dewi
Sariah, S.Pd.
Fotografer : Muhammad
Fatkhi Izdihar XI 3