logo-header-sma-pomosda

SMA POMOSDA Tanjunganom Berpartisipasi dalam Lokakarya Perencanaan Berbasis Data Program Sekolah Penggerak Angkatan 2

SMA POMOSDA Tanjunganom, Nganjuk, Jawa Timur,  berpartisipasi dalam Lokakarya Perencanaan Berbasis Data Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 yang diselenggarakan di SDIT Ibadurrohman Srengat Blitar. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari beberapa kabupaten di Jawa Timur yang tergabung dalam program Sekolah Penggerak, termasuk SMA Islam Assyafiiyah, Nganjuk.

Tim dari SMA POMOSDA yang mengikuti lokakarya ini terdiri dari Hendry Eko Aridonan, S.Pd., M.Si., Moh. Arifin, dan Binti Masrifah S.T.  bergabung dengan peserta lain yang terkelompokkan dan didampingi oleh pengawas sekolah serta fasilitator dari BBGP (Balai Besar Guru Penggerak) Provinsi Jawa Timur.

Lokakarya ini berfokus pada peningkatan kualitas layanan satuan pendidikan melalui siklus IRB (Identifikasi, Refleksi, Benahi). Para guru dari sekolah pengerak diajak untuk memahami pentingnya Perencanaan Berbasis Data dengan memanfaatkan rapor pendidikan sekolah berdasarkan 6 indikator utama:

– Kemampuan Literasi

– Kemampuan Numerasi

– Karakter

– Iklim Keamanan Satuan Pendidikan

– Iklim Kebhinekaan

– Kualitas Pembelajaran

Rapor pendidikan sekolah yang digunakan dalam lokakarya ini dilengkapi dengan data rekomendasi benahi, yang membantu sekolah mengidentifikasi kekurangan sumber daya dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Setiap rekomendasi dilengkapi dengan sumber belajar yang dapat diakses melalui PMM (Platform Merdeka Mengajar) atau wadah digital lainnya, serta referensi ARKAS (Aplikasi Rencana Kerja Anggaran Sekolah) yang relevan. Hal ini sangat membantu sekolah yang menerima BOS (Bantuan Operasional Sekolah) /BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) dalam merencanakan penggunaan dana.

Selama lokakarya, para guru dari sekolah pengerak diajak untuk menyusun rencana aksi nyata berdasarkan hasil unduhan rapor pendidikan dengan menggunakan metode IRB. Kegiatan ini dikemas dengan menarik dan interaktif, dengan mini game yang membantu peserta dalam memahami materi dan membuat perencanaan yang efektif.

Hendry Eko Aridonan, S.Pd., M.Si.,  mengungkapkan bahwa lokakarya ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan tim SMA POMOSDA. “Kegiatan ini sangat membantu kami dalam membuat perencanaan kegiatan dan referensi ARKAS untuk memperbaiki kualitas pelayanan satuan pendidikan berdasarkan rapor pendidikan sekolah,” ujarnya.

Binti Masrifah S.T. menambahkan, “Sebagai orang yang sehari-hari mengolah data pokok pendidikan sekolah, saya merasa kegiatan ini sangat menarik. Data rapor pendidikan yang relevan ini menggerakkan kami untuk membuat rencana aksi nyata guna memperbaiki kualitas pelayanan satuan pendidikan.”

Partisipasi SMA Pomosda dalam Lokakarya Perencanaan Berbasis Data ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Dengan memanfaatkan data dan mengikuti siklus IRB, SMA POMOSDA diharapkan dapat mencapai target yang telah ditetapkan dalam program Sekolah Penggerak.

Written President Raya Afif XI 1

Fotografer Hendry Eko Aridonan

SHARE BY MEDIA